Tuesday, March 5, 2013

Virus Sality


Suatu hari saya sedang bermain game kesukaan saya yakni PES2013. Setelah cukup lama hasil download-an saya pun selesai. File tersebut adalah suatu game yang ternyata diberi “bonus” oleh Uploadernya yakni berupa Virus. Virus itu adalah virus Sality yang dimana virus tersebut terkenal sulit dibasmi jika sudah terinfeksi. Setelah terinfeksi saya pun mencoba membasminya dengan berbagai cara yang saya bisa tetapi hasilnya malah semakin ganas virus tersebut. Saya sudah men-scan berjam-jam dengan menggunakan antivirus yang saya punya tetrapi hasilnya NOL besar. Komputerku malah semakin menggila dan menggila.

Setelah berhari-hari saya mencoba membasmi virus tersrbut, akhirnya saya pun menyerah, saya pun memutuskan untuk menggunakan jurus terakhir / jurus terlarang yang memakan banyak korban yakni Install ulang. Install ulang adalah jurus terampuh untuk menormalkan komputer kembali dengan proses yang “katanya” cukup lama dan mudah tetapi kita wajib men-format Disk Partition 1/System C. Tetapi dengan install ulang komputer kita akan menjadi “bayi” lagi. Kita pun harus mengajarkan berbagai hal lagi dengan komputer kita, mulai dari mengajarkan Antivirus, Microsoft, dan masih buannyak lagi.

Pada saat itu saya masih newbie dalam hal install ulang komputer. Saya pun bertanya pada Kyai Gugel pada sebuah warnet yang cukup aman di dekat gubug-ku. Setelah ketemu saya pun memfoto proses install ulang tersebut dan langsung mempraktekannya tanpa fikir panjang. Ternyata keberuntungan pun memihak kepadaku, pertama kali mencoba langsung sukses. Ya saya cukup bangga dengan keberhasilanku tetapi jika disuruh mengulang lagi pada waktu itu kemungkinan besar akan gagal. Setelah proses selesai, proses pengajaran pun dimulai. Proses ini yang paling saya benci.


Install ulangnya saja sudah memakan waktu kurang lebih 30 menit, ditambah dengan yang ini melebihi 30 menit. Dan saat proses ini perlu restart berulang ulang sesuai dengan yang di install. Dan saya pun sering dimarahi kakak saya karena program-program kakak saya pun hilang dan saya pun dituntut untuk mengembalikannya kembali. Ya, itu adalah resiko dari proses install ulang.

Semua misiku pun telah selesai, saya pun mencari banyak informasi mengenai virus Sality dan yang terpenting cara pencegahannya. Ternyata hanya dengan Antivirus Avira dan SmadAV sudah cukup untuk melindungi komputer kita dari bahaya virus Sality. Hanya saja kita harus bisa memaksimalkan kedua antivirus tersebut.

0 comments

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share tetapi mohon untuk mencantumkan sumbernya. Terima Kasih,.

U Comment I Comment, U Follow I Follow,.

Cancel Reply