Wednesday, October 24, 2012

Jogja Istimewa di Hatiku


        Jogja merupakan tempat yang sangat istimewa bagi saya. Mengapa istimewa ? Karena di Jogja sangat komplit, apapun dapat ditemukan. Mulai dari tempat pendidikan, tempat bersejarah, tempat wisata, tempat kuliner, dan lain-lain. Dan satu lagi tempat yang merupakan simbol keistimewaan yang dimiliki Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu apalagi kalau bukan “Tugu Jogja”. Tugu Jogja yang berada di tengah - tengah perempatan Jl. Jenderal Sudirman dan Jl. Pangeran Mangkubumi yang menurut saya menjadi sebuah tempat sangat unik dan menambah keistimewaan dari kota Jogja itu tersendiri. 

  Tugu yang diresmikan pada 13 Oktober 1889 ini, memiliki makna simbolis tersendiri mengapa di bangun di tengah - tengah perempatan  Jl. Jenderal Sudirman dan Jl. Pangeran Mangkubumi. Hal itu dikarenakan bahwa hal itu mempunyai tujuan khusus yakni sebagai garis yang bersifat magis menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan gunung Merapi.

  Alun - alun kidul juga merupakan salah satu dari sekian banyaknya keistimewaan yang dimiliki oleh Jogja. Mungkin bagi anda yang bertempat tinggal di daerah Jogja kurang lengkap rasa keistimewaannya jika anda belum mengunjunginya. Alun-alun kidul yang dianggap sebagai tempat istirahatnya para dewa ini banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri sebagai tempat penenang hati, apalagi di waktu sore yang merupakan waktunya para pedagang mendirikan dagangannya dan pengunjung pun banyak mendatanginya. Umumnya para pedagang menjajakan dagangan penghangat tubuh seperti jagung bakar, pisang bakar, wedang ronde, wedang bajigur dan jangan khawatir dengan harganya karena harganya murah - murah kok. Cukup mengeluarkan uang Rp5.000,- saja anda sudah kekenyangan. Setelah kenyang menyantap makanan, lebih baiknya anda mencoba melewati jalan antara dua pohon beringin dengan mata ditutup dengan kain hitam. Dan konon, jika anda dapat melewatinya anda akan mendapatkan rezeki yang melimpah. Dan juga konon jika anda mencoba untuk mengintip saat mencobanya, anda akan mengalami halusinasi bahwa anda sedang berada di alun-alun sendirian dan sulit kembali ke tempat tinggal anda. Tapi jangan khawatir, kita sebagai umat islam jangan takut apalagi percaya dengan hal semacam itu. Karena hal itu hanya akan meruntuhkan iman kaum muslim. Cukup mencobanya dengan perasaan coba - coba saja.

  Dan di Jogja juga terdapat “Taman Pintar” yang merupakan salah satu tempat favorit saya di Jogja yang Istimewa ini, karena Taman Pintar merupakan taman Sains Terlengkap dan ternyaman yang ada di Indonesia. Sangat waw kan? Dan itu merupakan sebuah prestasi tersendiri yang dimiliki Jogja. Dan didalamnya terdapat “Gedung Oval”. Dengan membayar biaya yang relatif murah Rp5.000,- untuk anak-anak dan Rp10.000,- untuk dewasa, anda sudah dapat memasukinya dan mendapat ilmu pengetahuan yang begitu banyak seperti, proses terbentuknya alam semesta, manusia-manusia purba kala, proses terjadinya gempa, dan masih sangat banyak lagi. Selain gedung oval juga terdapat “Gedung Kotak”. Di dalam gedung ini anda dapat menyaksikan film 4 dimensi hanya dengan membayar Rp15.000,- per orang. Murah meriah dan sangat bermanfaat kan ?

  Maka dari itulah saya merasa sangat bangga dan merasa beruntung dapat bertempat tinggal di Daerah (sangat) Istimewa Yogyakarta. Saya yakin bahwa Jogja akan terus Istimewa sampai kapanpun.

0 comments

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share tetapi mohon untuk mencantumkan sumbernya. Terima Kasih,.

U Comment I Comment, U Follow I Follow,.

Cancel Reply